(Konsultasi) Meninggalkan Tarawih Karena Sibuk Kerja?

tidak salat tarawih

Jadi Angga bertanya:

Saya adalah seorang karyawan yang sangat dituntut untuk kerja di malam hari (shift malam), Setelah berbuka puasa saya sudah berangkat kerja dan baru kembali hingga waktu sahur, sehingga tidak dapat mengikuti solat taraweh berjamaah di masjid.

Apa hukumnya jika kita tidak dapat melaksanakan solat taraweh karena pekerjaan?

Jawabannya:

Halo Angga,

Seperti kita ketahui, Hukum melaksanakan Shalat Tarawih itu sendiri Tidak Wajib, melainkan Sunnah Mu’akkadah (Anjuran yang sangat ditekankan). Maka dari itu, Tidaklah berdosa orang yang tidak melaksanakan Shalat Tarawih karena pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, dan bekerja juga termasuk Ibadah, tentu saja pekerjaan itu haruslah pekerjaan yang halal.

Jika tugas itu berkaitan dengan nasib orang banyak (seperti tugas penjaga keamanan/satpam, misalnya), justru orang itu harus mendahulukan tugasnya daripada mengikuti salat tarawih berjamaah. Jika terjadi gangguan keamanan pada saat ia sedang melaksanakan salat tarawih berjamaah, dia dianggap berdosa karena telah melalaikan tugasnya.

Ini kurang lebih mirip dengan tugas penjaga keamanan di Masjidil Haram. Kita lihat, pada saat seluruh jamaah melaksanakan salat berjamaah, beberapa petugas keamanan justru sibuk berjaga-jaga. Padahal, salat berjamaah, apalagi di Masjidil Haram, pahalanya besar sekali. Tetapi petugas keamanan justru harus memilih untuk tidak salat berjamaah pada saat itu dan lebih mendahulukan tugasnya menjaga keamanan.

Advertisements
(Konsultasi) Meninggalkan Tarawih Karena Sibuk Kerja?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s