Information Technology

Rooting Android ??

Root Android? Apaan lagi sih? Baru membeli sebuah handphone Android, semisal Samsung Galaxy S2 atau Samsung Galaxy Young, tiba-tiba ada teman yang bilang, “Android paling bagus kalau di Root?” lho apa sih Root itu? Dan sebenarnya apa keuntungan dan kekurangan root android itu?

Root secara sederhana bisa diartikan memberikan akses superuser kepada kita untuk mengotak-atik sistem operasi Android di HP kita. Kalau di Windows 7 kita mengenal istilah Administrator untuk bisa mengakses file sistem di Windows 7, nah dengan proses root di Android pun kita diberi hak administrator, sehingga kita mengubah properti file sistem Android.

Apa keuntungan Root Android?

Secara sederhana ada beberapa, yaitu :

  1. Dengan proses root itu artinya kita bisa mengakses file sistem, alhasil kita bisa membuat HP Android kita lebih powerful. Semisal kita bisa melakukan overclock terhadap kinerja prosesor HP Android kita, sehingga handphone kita lebih cepat dan responsif. Tak hanya itu kita bisa melakukan pengaturan-pengaturan lain, sehingga HP Android kita bisa lebih bekerja sesuai dengan keinginan kita
  2. Uninstall atau Menghapus Aplikasi bawaan Handphone yang tidak berguna. Seperti kita setiap vendor selalu saja menyertakan aplikasi-aplikasi default yang kadangkala tidak berguna dan tidak bermanfaat bagi kita. Setelah di Root, kita bisa dengan bebas menghapus berbagai aplikasi bawaan HP yang tidak berguna, Alhasil kita bisa membuat ruang penyimpanan lebih lega (besar) dan bisa membersihkan hp dari icon-icon aplikasi yang tidak berguna atau useless.
  3. Install aplikasi yang membutuhkan Akses Root – Banyak sekali aplikasi yang hanya bisa di install saat kita telah melakukan root terhadap HP Android kita. Contoh yang mungkin berguna adalah aplikasi SDMaid (aplikasi untuk membersihkan cache di file system android)

Apa Kerugian Root Android?

  1. Rentan terhadap virus – tidak bisa dipungkiri setelah ponsel kita di root, akan sangat memudahkan kita dan bahkan virus sekalipun untuk mengakses file sistem di ponsel Android, alhasil jika Anda tidak hati-hati, mungkin saja Anda bisa terserang virus. Namun jangan khawatir karena kini di Android pun telah banyak Antivirus sehingga Anda bisa lebih terjaga dari serangan virus.
  2. Kehilangan Garansi – tentu saja, saat ponsel Anda bermasalah, garansi akan tidak berlaku, terutama jika ketahuan bahwa ponsel Android kita sudah di root. Namun, jangan khawatir dengan proses Unroot dan Factory Reset, Anda bisa mengembalikan ponsel Android ke kondisi seperti dulu, saat sebelum di root, sehingga kita bisa mengklainm garansi ke toko atau vendor ponsel tersebut.

Mau di root atau tidak?? It’s your choice… 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s