Other

Usaha di Rumah?

Satu pikiran yang sempat melintas ketika planning pindah rumah akan segera terjadi adalah.. bagaimana mengisi waktu ketika di rumah baru??
Apakah 24 jam sehari itu hanya akan kita manfaatkan untuk keluarga dan tentu saja untuk Allah ? Tentu saja iya..Tapi, tidak adakah keinginan untuk mengisi waktu-waktu luang di antara waktu itu untuk hal lain?

Yap.. usaha..

Pikiran itu yang terbersit di pikiran saya belakangan ini.

Karena masih newbie, saya coba cari inspirasi dari simbah “Google”.. thanks Dude.!! You’re help me full.

Akhirnya saya menemukan beberapa ide yang Insya Allah bisa saya jalankan, dengan modal yang ada tentunya. Modal disini ada 2 yaitu modal materiil maupun modal non materiil. Kebanyakan orang beranggapan bahwa dibutuhkan modal yang besar agar usaha tersebut bisa berjalan dengan baik. Namun anggapan itu sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Memang untuk beberapa model usaha, dibutuhkan modal materiil yang cukup besar agar bisa berjalan dengan baik, namun ada cukup banyak model usaha rumahan yang dapat dijalankan dengan modal yang relatif kecil.

Justru biasanya modal yang paling penting itu adalah modal non materiil, seperti; keinginan yang kuat, keyakinan, dan juga perencanaan usaha yang matang. Modal uang yang besar bukanlah sebuah jaminan usaha rumahan yang akan dijalankan akan berhasil, akan tetapi dengan keseriusan, ketekunan, kerja keras lah yang menjadi modal utama dalam menjalankan usaha rumahan. Jika kita sudah memiliki modal utama tersebut maka kita bisa memanfaatkan peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang ada di sekitar kita.

Berikut ini adalah beberapa ide usaha rumahan yang bisa saya pertimbangkan:

1. Usaha Berjualan Pulsa Handphone

Sudah saya mulai beberapa minggu ini, namun karena satu dan lain hal. Untuk sementara ini, model usaha ini sepertinya belum begitu berhasil buat saya dan perlu banyak pembenahan. Salah satunya karena.. pulsanya saya sendiri yang ngabisin.. hehehe

2. Usaha berjualan makanan/ camilan

Membuka usaha makanan/ camilan merupakan usaha yang sangat potensial karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia dan selalu dibutuhkan. Namun, juga perlu dipelajari usaha makanan/ camilan apa yang cocok dikerjakan di rumah dengan modal yang kecil.

Untuk sementara ini, model usaha ini sudah pelan-pelan dimulai..walau cuma nerima pesanan.

3. Membuka Jasa Pengetikan Naskah

Masih saya coba cari dan teliti apakah sebagian besar calon konsumen sudah memiliki komputer dan tentu saja printer? Perlu juga diteliti apakah mereka biasa menyerahkan pekerjaan mereka yang berhubungan dengan ketik mengetik ke orang lain (rental komputer) atau dikerjakan sendiri.

Monggo kalau yang punya ide-ide lain.. Saya tunggu idenya.. 🙂

Leave a Reply

