Information Technology

Solusi Harddisk Tidak Terdeteksi Ketika Install Windows

Ketika mau install ulang windows XP, namun tidak terdeteksi Hardisk pada saat proses install. Hal ini pasti pernah anda temui. ]

Namun tidak perlu panik karena Tidak ada masalah di notebook dengan kasus seperti ini. Karena ‘biasanya’ setting default BIOS menempatkan setting harddisk di SATA mode dalam posisi AHCI.
Sedangkan Windows XP belum bisa membaca hardisk dalam mode ini (maklum lah sistem operasi ini sudah termasuk kategori lanjut usia alias sudah agak udzur). Untuk Windows Vista dan Windows 7 sendiri sudah mendukung fasilitas ini, sehingga tidak ada masalah dalam pembacaan hard disk.

Ada beberapa solusi yang bisa diterapkan jika anda menemui masalah seperti ini.

Solusi pertama

a. Hidupkan notebook dan masuklah ke BIOS
b. Ganti posisi SATA mode dari AHCI menjadi IDE (Cari-cari sendiri ya, opsinya berada di mana, karena tiap BIOS bisa berbeda-beda. Untuk BIOS yang menggunakan InsydeH2O, pilihan ini berada pada tab main)
c. Save, kemudian coba kembali untuk menginstall Windows XP-nya

Solusi kedua, dan solusi ini yang sudah saya terapkan
a. Download driver SATA AHCI dari produsen laptop
b. Remaster Windows XP dengan menambahkan SATA driver.

Selamat mencoba..

Advertisements

15 thoughts on “Solusi Harddisk Tidak Terdeteksi Ketika Install Windows”

  1. Gan notebook ku acer ao532 yg awalnya win7 starter,aku ganti dgn win7 pro,lalu 3 minggu kemudian ganti lagi win 8.1 pro dan setelah intalasi slesai kan ada jeda 10 detik buat restart kan ya,aku cabut flasdis.eh setelah restar ada kaya eror dan akhirnya hardisk ga kedetek.mau balikin win 7 lagi juga hardisk ga kedetek.
    solusinya gimana gan ???

    Like

    1. coba salah 1 dari beberapa solusi ini ya gan..mudah2an ada yang cocok.
      a. boot laptop menggunakan dvd hiren/mini pe dsb.. coba liat disk-nya. statusnya apa? terinisiliasasikah ? formatnya sesuaikah? kalau tidak terinisialisasi, coba reinisialisasi. kalau formatnya berubah (menjadi raw/unallocated. coba recreate partisinya, ada kemungkinan data lost ya..)
      b. bongkar laptop, jumper hd laptop ke pc atau laptop lain menggunakan converter. coba liat disk-nya. statusnya apa? terinisiliasasikah ? formatnya sesuaikah? kalau tidak terinisialisasi, coba reinisialisasi. kalau formatnya berubah (menjadi raw/unallocated. coba recreate partisinya, ada kemungkinan data lost ya..)

      Like

  2. Helo min…
    Mf mw tnya, ni lptopq mw tak instal win 7, tp saat instal tba2 bluescreen, kmudian aq gnti k mode sata ide.. bsa brjalan, tp klo dlm mode ini hardisk gk mw k detect…
    Tlng solusinya min…
    Mksih.

    Like

    1. maaf baru respond
      1. hardisknya masih terdeteksi di bios?
      2. coba boot via live cd buat deteksi hd. jika perlu lakukan scan disk disana utk mencari kemungkinan bad sector/hdd failure

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s