Hemat Listrik Hemat Biaya

Salah satu pos yang bakal menyedot anggaran belanja rumah tangga besok adalah listrik. Ada satu masalah dimana ternyata listrik prabayar bisa lebih boros dibandingkan meteran listrik yang lama. Mungkin karena pelanggan listrik lama yang biasanya hanya 450 – 900 watt yang masih disubsidi pemerintah, untuk pelanggan listrik prabayar yang menggunakan pulsa sudah tidak ada lagi subsidi.

Listrik prabayar pun ternyata minimal kategori 1300 watt dan itupun juga sangat susah, perlu waktu berbulan-bulan untuk mendapatkannya. Bisa dibandingkan ketika menggunakan meteran 450 watt dan 900 watt dengan jumlah 1350 watt, membayar tiap bulan kurang dari 80 ribu.

Tapi ketika memakai listrik prabayar 1300 watt ternyata biaya bisa membengkak menjadi diatas 150 ribu, padahal pemakaian relatif sama. Mau ga mau, bakalan ada perubahan dalam pengelolaan  listrik..

1. Hemat Listrik Pompa Air
Solusinya : sudah dibuat tandon air, Insya Allah cukup untuk 1 – 2 hari. Lumayan irit listrik daripada pompa air mesti dihidupkan setiap kita saat kita memerlukan air.

2. Atur pemakaian AC/Pendingin Ruangan
Solusinya :  Pakai AC (angin cemilir) aja lewat kipas angin / lambaian tangan

3. Hemat Lampu Penerangan
Solusinya : Mematikan lampu yang tidak diperlukan

4. Hemat Menyetrika Pakaian
Solusi : Kumpulin baju yang mau disetrika. baru marathon nyetrikanya.. 🙂

5. Disiplin Mematikan Perangkat Elektronik
Solusi :
a. Mencabut / mematikan piranti elektronik ketika tidak digunakan (ex : TV, DVD player, sound system, dll)
b. Menggunakan Laptop daripada PC

6.  Tanam pohon di halaman rumah
Sepertinya aneh ya? Tapi ini menjadi salah satu solusi menghemat listrik untuk poin 2 agar tidak terlalu tergantung dengan pendingin ruangan. Rumah pun menjadi lebih sejuk dengan pohon yang rindang. Sirkulasi udara pun lebih cepat ditukar karena pepohonan bisa menyerap gas beracun dari asap kendaraan.

7. Hemat Listrik Kulkas
Kulkas atau lemari es teknologi sekarang sudah hemat energi tapi ada beberapa tips agar lebih hemat listrik. Bersihkan seminggu sekali dan jangan menaruh barang-barang terlalu banyak sehingga waktu untuk mendinginkan lebih sedikit. Selain itu jangan langsung menaruh makanan ataupun minuman yang masih panas ke dalam lemari es. Jangan menaruh lemari es dimana tersorot matahari langsung dan berikan jarak sekitar 15-20 cm dari tembok agar sirkulasi udara lebih baik.

Advertisements
Hemat Listrik Hemat Biaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s