Indahnya Berbagi [Rancang Bangun BTS]

Banyak sekali permasalahn pada rancang bangun BTS mau mulai dari mana dulu, Saya bagi menurut divisi yang biasanya ada di vendor ya :

1.Planning Engineering

Planning enginner menentukan berapa jumlah BTS yang diperlukan untuk memenuhi kepentingan customer (operator : Xl, Indosat, Telkomsel). Tergantung keinginan customer untuk memenuhi kebutuhan coverage jaringan atau quality jaringan.

Kebutuhan untuk coverage apabila dalan area itu benar2 tidak ada sinyal handphone sama sekali dan customer ingin area tersebut tercakupi. Dan quality jaringan apabila di area tersebut sudah begitu padatnya sehingga BTS yang ada tidak mampu memenuhi load yang begitu besar sehingga diperlukan BTS baru.

Setelah diketahui jumlahnya diperlukan survey awal untuk mengetahui posisi yang bener-bener tepat untuk mendirikan BTS. Masalah tanah tempat didirikannya BTS, ijin warga2 setempat, masalah loss microwave ke BSC.

Setelah letak didapatkan secara pasti dan customer setuju masuklah ke masalah selanjutnya

2. CME (Civil Mechanical Electrical)

Mengurusi pembangunan konstruksi tower BTS, Masalah power BTS (menggunakan listrik PLN atau genset) trus masalah shelter (ruangan BTS), AC

3. Project enginner (BSS Enginner)

Setelah konstruksi tower beres. Maka dilakukan pemasangan hardware GSM. Pasang antenna, Fedder, Microwave. Setelah semua perangkat GSM terpasang maka BTS tersebut langsung di “on air”-kan atau dinyalakan.
Sukses atau tidak nya on air BTS bisa di test dengan melakukan test call di BTS tersebut. Atau melakukan drive test.

4 KPI (Key Performace Indicator)

Setelah BTS on air perlu dilakukan measurement traffic beberapa hari. Dan perlu dilakukan analisis apakah measurement sesuai dengan standard yang sudah ditetapkan. Apabila tidak sesuai maka perlu dilakukan optimasi untuk site tersebut.

5. Operator

BTS sudah berjalan baik dan diterima sepenuhnya oleh operator.

Advertisements
Indahnya Berbagi [Rancang Bangun BTS]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s