Study

Perangkat Jaringan Komputer

Meneruskan postingan sebelumnya, banyak peralatan yang dapat digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer. Beberapa diantaranya yaitu :
Router
Router sering digunakan untuk menghubungkan beberapa network. Baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya. Router juga digunakan untuk membagi network besar menjadi beberapa buah subnetwork (network-network kecil). Setiap subnetwork seolah-olah “terisolir” dari network lain. Hal ini dapat membagi-bagi traffic yang akan berdampak positif pada performa network.

Sebuah router memiliki kemampuan routing. Artinya router secara cerdas dapat mengetahui kemana rute perjalanan informasi (yang disebut packet) akan dilewatkan. Apakah ditujukan untuk host lain yang satu network atau berbeda network.

Switch/concentrator
Switch dan bridge itu sama. Switch adalah bridge yang memiliki banyak port, sehingga disebut sebagai multiport bridge. Switch berfungsi sebagai sentral atau konsentrator pada sebuah network. Switch dapat mempelajari alamat hardware host tujuan, sehingga informasi berupa data bisa langsung dikirim ke host tujuan.

Hub
Hub mirip dengan switch. Namun, hub tidak secerdas switch, karena dia tidak bisa dimanage, berbeda dengan switch yang managable.. Jika switch mengirim suatu informasi langsung dikirim ke host tujuan, kalau hub mengirim informasi tersebut kesemua host. Kondisi seperti ini menyebabkan beban traffic yang tinggi. Oleh sebab itu, hub biasanya digunakan pada network berskala kecil, seperti network di Lab.komputer sekolah, network di warnet, dll.

Sebenarnya masih banyak lagi perangkat jaringan komputer. Namun, saya akan melanjutkannya dipostingan yang akan datang, hehe 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s