Menghapus autorun.inf buatan smadav

Smadav versi baru (v5.1/v5.2) pada defaultnya akan membuat sebuah folder bernama autorun.inf pada root directory.
Folder ini ditambahkan Smadav untuk menghindari folder tersebut dihapus oleh malware agar mencegah malware berjalan otomatis melalui media USB Flash Disk.
Folder ini tidak bisa langsung dihapus karena di dalam folder autorun.inf tersebut, terdapat folder bernama con (baca:Console), aux (baca:Auxiliary Device), & nul, yang merupakan karakter khusus dan windows tidak mengijinkan user membuat folder dengan nama tersebut, alasannya menghindari kerancuan sistem.

Untuk menghapusnya, ikuti langkah berikut :
1. Buka Start> Run..
2. Ketik cmd lalu Enter
3. Masuk ke drive di mana folder autorun.inf berada (Mis, G:) lalu enter
4. Kemudian ketik :
attrib autorun.inf -h -s lalu enter (perintah ini digunakan untuk menghapus atribut hidden & system pada folder autorun.inf)

5. Kemudian ketik :

rd \\.\\”:\autorun.inf\con\aux\nul”
-contoh : rd \\.\\”G:\autorun.inf\con\aux\nul”

rd \\.\\”:\autorun.inf\con\aux”
-contoh : rd \\.\\”G:\autorun.inf\con\aux”

rd \\.\\”:\autorun.inf\con”
-contoh : rd \\.\\”G:\autorun.inf\con”

(rd = remove directory. Perintah untuk menghapus direktori/folder melalui command prompt)

6. Sekarang folder autorun.inf sudah bisa dihapus.

Semoga bisa membantu 😛

Advertisements
Menghapus autorun.inf buatan smadav

35 thoughts on “Menghapus autorun.inf buatan smadav

  1. dsulistyo says:

    secara langsung memang ga ada pengaruhnya, justru dengan adanya file ini akan sedikit mengurangi resiko terkenanya virus lokal yang rata2 menggunakan file autorun.inf sebagai alat spreadingnya..gitu loh bro…

    Like

  2. dsulistyo says:

    klo yakin itu buatan smadav..lebih baik jangan dihapus…biar jelas tu klo ada virus nangkring disana pasti jelas perbedaanya…autorun.inf buatan smadav itu bentuknya folder, n ada sub foldernya (con, aux, dan nul)klo autorun.inf buatan virus bentuknya kan single file..dibuat dengan editor teks smacam notepad.moga sedikit membantu..

    Like

  3. cara ketiknya sich udah bener tapi tetep tidak bisa di hapus trus hierarki dari folder buatan smadav tu gini "F:\autorun.inf\con\aux\nul. This autorun.inf is LOCKED by SMADΔV to protect your Flash-Disk from virus infection. "mohon penjelasannya !THX

    Like

  4. dsulistyo says:

    sepertinya smadav yg lu pke udah v7 yaa….hirarkinya memang beda dari smadav terdahulu..coba deh ntar gw cari tw dulu caranya gmna… 😀

    Like

  5. dsulistyo says:

    fren, seandainya folder ini ga bisa dihapus via command prompt..bisa juga dengan membuka AV SmadAV, pilih tab Tools, SmadLock, trus pilih drive yang mau diunlock protection SmadLocknya..and pilih Unlock.Smoga membantu..

    Like

  6. oke says:

    contoh :rmdir "\\.\G:\autorun.inf\con\aux\nul. This autorun.inf is LOCKED by SMADΔV to protect your Flash-Disk from virus infection. \"rmdir "\\.\G:\autorun.inf\con\aux\nul. This autorun.inf is LOCKED by SMADΔV to protect your Flash-Disk from virus infection. "rmdir "\\.\G:\autorun.inf\con\aux"rmdir "\\.\G:\autorun.inf\con"rmdir "G:\autorun.inf"

    Like

  7. Masalahku sama sperti Rizky Dermawan nui..saat aku ketik attrib autorun.inf -h -sfind not found – autorun.inf gtu..gmn dunk..bs gak tp tanpa instal smadav..soalnya kn ini cuman di fd gtu..thanks,,

    Like

  8. Tak,suka dengan smadav,kita pakai Dia melindungin File and kita ga geram nach ini smadav sendiri aja macam virus ga bisa Delate atau format usb Drive,seolah-olah USB Drive saya punya dia dan saya ga bisa format

    Like

  9. dsulistyo says:

    kalo mo gampang dan tidak pakai tetek bengek ketik di command prompt..mendingan lu pake smadav dulu deh…tapi jangan aktifin RTP (Real Time Protector)nya…alias didisable ajah…masuk ke tab Tools, SmadLock, trus pilih drive yang mau diunlock protection SmadLocknya..and pilih Unlock.

    Like

  10. dsulistyo says:

    mas iecha, kalau dilihat dlu isi flashdisknya gmna melalui command prompt dengan perintah dir /aada ga folder autorun.inf disana…?kalau seandainya ada,,pke command ini :attrib [drive]:\ /s /d buat nampilin smua file yang ada di flashdisk [baik read only, hidden, archive, or system]

    Like

  11. mas, diflashdisk saya tak coba kaya' gini koq ' bisa knapa ea????? Tpi diflashdiskQ tulisannya g' "autorun.inf" tapi "autoruKn.inf". Udah tak coba g' bisa truz. tolong bantu mas……

    Like

  12. Canka says:

    Mo tanya, klo gini gmn?autorun.inf na ada disini :K:\Δ Smad-Lock (Brankas Smadav) Δ\Downloads\Vids\Music Video\autorun.infgw coba pake :rd \\.\\”K:\Δ Smad-Lock (Brankas Smadav) Δ\Downloads\Vids\Music Video\autorun.inf\con\aux\nul”malah keluar jawaban gini : the system cannot find the path specified.(oh iya buat yg di atas, gw nulis na ga tau gmn, yang jelas tiap folder gw teken tab, jadi ga mungkin salah kan harus na)Harus na command na gmn ya? tengkyu bgt

    Like

  13. dsulistyo says:

    hmmm…baru nemuin kasus seperti ini…coba consult ma empunya Smadav…harusnya sih autorun.inf ada d root directory…ga masuk ke dalam directory.btw, udah coba unlock protection'nya lum…

    Like

  14. Dee says:

    SMADAV memang membuat folder yang tidak dapat didelete untuk melindungi Flash Disk dari malware yang menyebarkan dirinya via autorun.inf.Tapi dalam kenyataannya, SMADAV lalai dalam beberapa hal >_<1. SMADAV membuat perlindungan tanpa persetujuan pemilik FD, hal ini jelas melanggar etika.2. Beberapa newbies yang belum paham menjadi bingung karena munculnya folder yang tidak dapat didelete. Pengguna advance juga jengkel karena ada folder yang tidak dapat didelete.3. Cara proteksi seperti ini tidak mempan, karena autorun.inf masih dapat di rename. (Kemudian Malware membuat autorun.inf yang baru)4. Cara proteksi ini juga tidak mempan karena folder tersebut dapat dihapus via DOS. (Seperti contoh diatas)5. Proteksi ini tidak mempan terhadap malware jenis virus, kenyataanya file yang ada dalam folder dengan nama CON, AUX dan NUL masih bisa dimodifikasi isinya, dan bahkan dihapus sama sekali.6. Unicode tidak menawarkan proteksi apa-apa mengingat rata-rata malware dapat diprogram untuk berinteraksi dengan unicode. Hal ini dapat dilihat bahwa MS-DOS mampu menghapus folder buatan SMADAV tanpa kesulitan berarti

    Like

  15. dsulistyo says:

    mas dee…1. smadav membuat perlindungan tanpa persetujuan pemilik FD, dalam hal ini melanggar etika –> sudah dilakukan perbaikan pada v 8.1, pengguna dipersilahkan apakah akan memasang proteksi/tidak.2. Item 3-6 –> menurut asumsi saya pribadi jga seperti itu,,smoga ada perbaikan di versi slanjutnya.

    Like

  16. Canka says:

    " dsulistyo Says:May 9th, 2010 at 16:53btw, udah coba unlock protection’nya lum… "udah,ga ngefek. waktu itu gw ngopy folder music dari tmn, ternyata folder itu asli na folder autorun.inf smadav, mungkin dia renama ato gmn ga jelas juga, yg jelas gw copy ke dalem FD gw, skr ya malah ga isa di hapus.

    Like

  17. dsulistyo says:

    ya udah deh klo gitu,,cara termudah dan paling ga buat pusing pke linux aja deh..dia bsa baca dengan baik partisi f**32-nya w******…tinggal di mount aja flashdisknya..trus diatur lagi struktur foldernya.

    Like

  18. hans says:

    fd ku jg mengalami mslh spt itu.sampe sekarang gk kepake.karena nglock,gk bs di diapa2in.trus sudah dicoba pake unlock yg di smadav jg gk bs.ada yg bs bantu gkdi coba pake dos spt diatas jg gk bs

    Like

  19. Abdul Waris says:

    Alhmdulillah..aq dah bsa..carax gmpang bnget..ckup cut ja flder autorun.inf ke D/E/F..dst..klo trlnjur trcopy dri flash disk ke hardisk.. Trus buka smadav>tool>smad-lock dan cntang tmpat autorun.inf trus plih lock>unlock.. Beres dech..

    Like

  20. dsulistyo says:

    @ebotcara tergampang dan termudah…- boot kompi dengan OS open source…eg:linux- hapus folder autorun.inf disana…case closed…kalau mw permanen disable autorun.inf,,,disable auto protection smad**v.. 🙂

    Like

  21. Aciek says:

    susah bener pke unlocker aj gan nih linknyahttp://www.brothersoft.com/d.php?soft_id=208761&downloader;=no&url;=http%3A%2F%2Ffiles.brothersoft.com%2Finternet%2Fmiscellaneous%2FUnlocker1.9.0.exe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s